Pages

Friday, June 17, 2011

Komunitas Skateboard : Bogor Independent Skateboarder (BOPER)

Bogor - Skateboard adalah olah raga penuh tantangan, dibutuhkan suatu keahlian, teknik khusus dan nyali yang cukup besar untuk mencoba olah raga ini. kalau asal main dan kurang berlatih, hati-hati: tangan dan kaki kalian akan cedera ataupun patah tulang. para pencita skateboard di Kota Bogor berkumpul dalam satu wadah komunitas skateboard yang mereka berinama “BOPER”(Bogor Independent Skateboard) yang berdiri sejak tahun 90-an tempat pertama kali mereka pakai untuk berkumpul sekaligus bermain skateboard yakni di depan Gedung wanita Bogor Permai jalan jendral sudirman.
Awal mula komunitas ini hanya beranggotakan kurang lebih 10 orang karena menurut salah satu pencinta skateboard (Cema, 21 th) pada masa itu perlengkapan skateboard sangat sulit didapat, tempat terdekat untuk membeli perlengkapan skateboard pun berada di Jakarta, dan alasan mengapa ada komunitas skateboard di Kota bogor?? karena persamaan hobi dan ingin maju bersama mengenalkan olah raga ini kepada masyarakat Kota Bogor.
Sekitar pada tahun 2005.-an komunitas skateboard yang mulanya bermain di depan Gedung wanita Bogor Permai kini berpindah tempat di “TAKEN” (Taman Kencana), dan anggotanya pun semakin bertambah yang bermula hanya kurang dari 10 orang kini bisa lebih dari 20 orang yang ikut dalam komunitas skateboard ini. bagi teman - teman yang ingin bermain skateboard cukup membawa papan skate dan persiapakan “nyali”. biasanya mereka bermain skateboard pada pukul 3 sore sampai dengan larut malam, ada juga yang sampai pagi terus menerus bermain skate dengan tidak bosennya.  mereka yang bermain skateboard tidak hanya untuk bersenang - senang atau menghabiskan waktu saja, mereka pun sering mengikuti kompetisi yang sering di selenggarakan di luar kota seperti Jakarta, Depok,  Bandung, Sukabumi, dll. telah banyak prestasi yang mereka dapat dari mengikuti kompetisi skateboard tersebut seperti tahun 2007 kemarin mereka mendapatkan juara 3. komunitas ini pun sudah dikenal diberbagai komunitas skateboard yang berada diluar kota seperti Depok, Jakarta, Bandung Dll.
Seiring dengan prestasi yang sudah banyak dicapai, komunitas ini pun mengeluhkan agar Pemerintah Kota Bogor, dapat memperhatikan dan mem-fasilitasi sarana skateboard di Kota Bogor, karena minimnya tempat bermain skateboard, Bogor sendiri hanya mempunya satu skatepark yakni di Kahuripan, Parung itu pun jauh dari pusat kota, mereka ingin Pemerintah Kota Bogor dapat membangun sarana skateboard yang berada di dekat dengan kota. apalagi sekarang tempat bermain mereka yakni “TAKEN” (Taman Kencana) isu-nya mau di buat jalur reflexi, jadi kemungkinan besar sarana bermain untuk para pencinta skateboard di Kota Bogor akan tergusur.(reposting from etakitu.com)

No comments:

Post a Comment